Hallo semua, gimana kabar kalian? Baik baik saja kan? Kalau
kabar aku baik baik saja. Oh ya kawan, kalau kita bicarakan soal sekolah pasti
kalian bicarakan soal tugas, ruangan-ruangan
sekolah, kantin, masalah teman, dan lain sebagainya. Kalau secara
analisa paling sering itu bicarakan tugas-tugas sekolah dan masalah teman-teman
kalian, ya kan ? nahhh... diartikelku ini tidak akan bicarakan itu kawan,
karena itu hal yang sangat sering kita perbincangkan, akan tetapi artikel ini
masih berhubungan dengan sekolah kita kawan, hemmm apa yaa kira kira? Yuk kita
bahas lewat artikelku ini.
Kawan, kita akan membahas
ruangan yang ada disekolah kita, contohnya yang kita bahas adalah LABORATORIUM. Pasti kalian sering sekali ke
ruangan laboratorium, tapi kalian tau pengertian laboratorium itu apa? Nah...
kalau menurut Anoim (2007) Laboratorium ( disingkat LAB) adalah suatu ruangan
yang digunakan untuk riset ilmiah, eksperimen, pengukuran atau pelatihan ilmiah
itu berlangsung. Dibuatnya ruang
laboratorium untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan secara
terkendali. Sementara pendapat Emha (2002) Laboratorium itu merupakan suatu
tempat yang digunakan untuk penyelidikan, percobaan, dan sebagainya yang
berhubungan dengan ilmu fisika, kimia, biologi, dan bidang ilmu lainnya. Ada juga
yang berpendapat lain dari Sukarso
(2005) tentang Laboratorium yang merupakan suatu tempat kerja yang dapat
menghasilkan sesuatu. Tempat tersebut merupakan seuatu tempat tertutup, kamar,
tempat terbuka (seperti kebun, dan lain-lain). Berdasarkan definisi/pengertian
dari laboratorium tersebut merupakan suatu tempat yang digunakan untuk
percobaan atau pelatihan yang berhubungan dengan ilmu fisika, biologi, kimia,
dan ilmu bidang lain, yang bertempatkan tertutup, kamar, dan terbuka.
Sudah mengerti apa
laboratorium itu? Pasti sudah. Kawan pasti kalian tahu Disetiap tempat/ruangan memiliki
fungsi masing-masing, seperti halnya ruang laboratorium juga memiliki fungsi
itu sendiri yang digambarkan oleh sukarso (2005), seperti :
1. sebagai
tempat untuk meningkatkan keterampilan intelektual melalui pengamatan,
pencatatan, pengkajian gejala-gejala alam.
2. Mengembangkan/meningkatkan
motorik pasa siswa. Siswa akan bertambah keterampilannya dalam mempergunakan
alat alat media yang disediakan untuk mencari dan menemukan kebenaran.
3. Memberikan
dan mempupuk suatu kebenaran untuk mencari suatu hakekat kebenaran ilmiah dari
suatu objek dengan melalui alam ataupun sosial.
4. Membangkit
rasa ingin tahu dari seorang siswa untuk
sebagai modal ilmiah menjadi seseorang ilmuan.
5. Membina
rasa percaya diri sebagai akibat keterampilan atau pengetahuan atau penemuan
yang diperolehnya.
Begitupun pendapat anoim (2002), yang menggambarkan
fungsi dari Laboratorium secara analisanya sendiri, seperti :
1. Laboratorium
sebgaia sumber belajar
2. Laboratorium
sebagai metode pembelajaran
3. Laboratorium
sebagai prasarana pendidikan
Seperti itulah pendapat mengenai fungsi laboratorium yang
di analisakan oleh sukarso (2005) dan Anoim (2002), jadi tempat/ruangan
laboratorium sangat bermanfaat buat kita yang ingin menjadi seorang ilmiah
dengan alat media yang sudah disediakan oleh laboratorium itu sendiri.
Terkadang
kalian masih mempertanyakan, apa sih peranan dari laboratorium? Menurut Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) setiap guru fisika sangat dituntut untuk membuat
alat alat sederhanay yang mampu menjelaskan teori dan konsep fisika, sesuai
dengan peralatan dan kondisi daerahnya agar tervisualisasi supaya mudah
dimengerti dan dipahami siswanya. Untuk itu peranan laboratorium fisika sangat
berperan pentin, karena laboratorium merupakan pusat proses belajar mengajar
untuk mengadakan percobaan, penyelidikan, atau penelitian.
Adapun peranan laboratorium diantaranya, yaitu:
1. Laboratorium
sekolah sebagai tempat timbulnya masalah sekaligus sebagai tempat pemecahan
suatu masalah.
2. Laboratoriums
sekolah merupakan sebagai tempat melatih keterampilan serta kebiasaan menemukan
suatu masalah dan sikap teliti.
3. Laboratorium
sekolah juga merupakan sutu pendorong pada peserta didik untuk memperdalam
suatu penegertian dalam fakta yang diselidiki
dan diamati.
4. Laboratorium
sekolah merupakan untuk mengajarkan peserta didik untuk selalu bersikap cermat,
bersikap jujur dan sabar, lalu bersikap kritis dan cekatan.
5. Laboratorium
sekolah sebagai untuk peserta didik untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya.
Seperti itulah pengertian,
fungsi, dan peranan laboratorium, jadi laboratorium sangat bermanfaat buat kita
yang masih tahap belajar, dengan adanya laboratorium kita bisa menjadi seorang
yang memiliki dedikasi yang tinggi. Semoga kalian dapat mendapatkan ilmu yang
baru dari artikel ini, manfaatkan LAB disekolah kalian ya kawan, sampai disini
dulu ya kawan... kita akan bertemu lagi di artikel selanjutnya.... GOOD LUCK
!!!
mas cantumin daftar pustaka nya dong, terutama pendapat sukarso nya dari mana? makasih
BalasHapusmas cantumin daftar pustaka nya dong, terutama pendapat sukarso nya dari mana? makasih
BalasHapus